Kapan dan bagaimana sebaiknya saya upload lagu di Youtube?

Terkait dengan lagu yang dirilis secara digital; Artist bebas menentukan kapan sebaiknya meng-upload video (Music Video, Lyrics Video, dll) di Youtube channelnya. Hanya saja, ada beberapa pertanyaan yang sering muncul:

Bagaimana cara agar Channel tidak terkena klaim hakcipta?

Bersamaan dengan musik mulai diproses rilis digital, musik tersebut juga diproses untuk diberlakukan Content-Id, sebuah sistem yang akan men-scan semua video di Youtube dan melakukan klaim untuk Artist.
Tidak masalah, baik video music telah diupload maupun belum; channel dapat dikecualikan agar tidak terkena scan hakcipta atas lagunya sendiri melalui: http://bit.ly/copyrightmanager.

Apakah Netrilis akan mengupload video (rilisan) di Youtube.com?

tidak, tapi dirilis ke Youtube Music (platform music streaming milik Youtube).
Jika ditemukan video Art-Track di Youtube.com, konten tersebut auto-generated by Youtube (dihasilkan secara otomatis oleh Youtube). Dengan kalimat lain; itu adalah rilisan Anda di Youtube Music yang diakses melalui Youtube.com.

Bisakah saya request agar Art-Tracks diupload ke channel saya, bukan channel Topic / Various Artist?

Untuk pertama kali rilis, tidak bisa. Namun jika sudah verified (Official Artists Channel ♪) maka channel Topic tersebut otomatis digabungkan ke channel Anda.
Untuk mendapatkan Youtube Official Artist Channel ♪ (Youtube OAC), silakan baca: http://bit.ly/claimyoutubeartist

Saya sudah rilis cover song melalui Netrilis, apakah sudah aman dari Copyright Claim jika diupload di Youtube?

Dengan merilis lagu cover version ke music platforms bukan berarti Anda memiliki hak lepas dari copyright claim. Karena copyright memang secara natural dimiliki oleh pencipta karya tersebut.

Pertanyaan lain: