Apa itu Release-Date dan bagaimana cara menentukannya?

Release Date adalah tanggal rilis yang tertulis di rilisan Artist, contoh Released on 01/23/2020 (seperti pada Apple Music, iTunes, Amazon, dll). Release Date standarnya otomatis tertulis sesuai waktu Netrilis mendistribusikan rilisan Artist, namun fitur penentuan Release Date memungkinkan Artist mem-fungsikannya sebagai; Original Release, Tanggal Momentum dan atau Schedule.

Penentuan Release Date otomatis tersedia di form konfirmasi ketika dari submission memilih ✚ Additional Features. Dan berikut adalah beberapa contoh kategori penentuan Release Date serta bagaimana cara memfungsikannya:


Release Date dapat difungsikan sebagai penyesuaian dengan Original Release Date misalnya sebelumnya sudah rilis sebagai Album fisik atau tanggal launching yang sudah berlalu.
  • Tentukan Backdate (tanggal mundur) ketika melakukan konfirmasi,
  • Musik tetap akan segera rilis di Music Platforms, namun Release Date akan tertulis sesuai Release Date mundur yang telah ditentukan ketika konfirmasi.

Beberapa Artist memiliki angka & tanggal penting yang mewakili karya-musiknya lahir. Penentuan Release Date dapat difungsikan sebagai penyesuaiannya,
  • Tentukan tanggal momentum (baik tanggal sudah berlalu maupun belum), ketika melakukan konfirmasi,
  • Jika tanggal sudah berlalu, maka musik akan segera rilis di Music Platforms,
  • Jika tanggal masih dekat dengan tanggal konfirmasi dan durasi distribusi, maka musik juga akan segera rilis di Music Platforms,
  • Jika tanggal lebih dari waktu durasi distribusi, maka akan tayang di Music Platforms sesuai tanggal tersebut.

Promosi dan strategi rilis membutuhkan schedule kedepan, misalnya "will be available on Music Platforms at 01/23/2020", dll. Atau kebutuhan untuk submit ke Spotify official playlisting. Cara menentukan Release Date sebagai Upcoming adalah;
  • Terhitung dari ketika melakukan konfirmasi; tentukan tanggal lebih dari durasi distribusi,
  • Jika Release Date ≥ 14hari kedepan, maka musik akan rilis serentak di semua Music Platforms sesuai tanggal yang telah ditentukan.
  • Jika Release Date ≤ 13hari kedepan, mungkin saja dapat bekerja di beberapa platforms saja, karena total durasi rilis normal untuk semua platfroms adalah ± 14 hari.
  • Jika Release Date ≤ 7hari kedepan, mungkin musik akan segera rilis sesuai durasi normal tanpa schedule, namun ketika telah rilis di semua music platforms; tanggal Release Date akan sesuai dengan tanggal yang ditentukan.
  • * Notes: untuk kebutuhan submit ke Spotify official playlisting dan efektifitas Upcoming Release, pastikan menentukan Release Date ≥ 14hari kedepan terhitung dari tanggal konfirmasi.

Release Date bukan berfungsi sebagai mempercepat rilis, karena musik yang dirilis melalui Netrilis memang akan segera rilis 4 hari s/d ± 14 hari setelah konfirmasi. Penentuan Release Date lebih tepat difungsikan sebagai bagian dari strategy dan promotion.

Pertanyaan lain: