Kenapa Rilisan Duplikat di Music Platforms?

Netrilis
Adalah komitmen Netrilis bersama Artists mendistribusikan karya musik dengan files & metadata se-qualify mungkin.

Dalam rangka menyesuaikan kebijakan terbaru dari berbagai Music Platforms, Netrilis melakukan maintenance katalog dan menjaminnya memenuhi syarat dan ketentuan terbaru dari berbagai Platforms.

Sementara proses maintenance ini dilancarkan, akan terjadi duplikasi rilisan di Spotify, Apple Music dan tidak menutup-kemungkinan di platforms lainnya. Selain itu, proses maintenance ini tidak berdampak pada profile atau account Artists.


Jika tracknya terpisah, bagaimana dengan perhitungan streams & revenuenya?

Streams dan revenue melekat pada ISRC, dimana rilisan duplikat tersebut memiliki identitas ISRC yang sama. Selain itu, jumlah streams otomatis akan merge (menyatu) saat proses maintenance telah selesai.


Bagaimana melakukan cek bahwa rilisan duplikat itu berasal dari proses Maintenance Netrilis?

Spotify dan Apple Music melarang rilisan yang duplikat didistribusikan ke Music Platforms, maka seharusnya tidak ada rilisan duplikat yang berasal dari distributor lain, kecuali diluar kendali dari Spotify atau Apple Music. Jika diperlukan, Anda dapat memastikan ISRC pada kedua rilisan tersebut sama melalui ISRC Finder.


Kenapa ada perbedaan pada rilisan duplikat?

Perbedaan mungkin terjadi pada Artwork, sesuai request dari Apple Music dan Metadata atas request dari Spotify. Namun perbedaan tersebut tidak signifikan, perbedaan tersebut berasal dari small-edit dan penyesuaian secara sistem agar rilisan dapat segera qualify dan terhindar dari hidden hingga takedown dari Apple Music dan Spotify.

Setelah proses maintenance selesai, jika perubahan tersebut belum sesuai yang diinginkan, Artist dapat melakukan update kapanpun dengan menyesuaikan syarat & ketentuan terbaru dari Music Platforms: Request Update.


Pertanyaan lain