Kenapa posting video di Facebook disenyapkan?

Netrilis
Beberapa jenis konten video yang diposting ke Facebook akan muted, blocked sampai dengan removed. Hal itu karena video tersebut mengandung lagu yang dirilis digital dan telah di-audio-fingerprint-kan oleh Facebook untuk melindungi penggunaannya, yaitu;

scan secara otomatis untuk setiap konten yang mengandung audio di platformnya dan jika sistem menemukan kesesuaian, maka dianggap konten tersebut tidak dapat diposting karena permasalahan hakcipta, terutama hak dalam meng-komersialkan lagu tersebut di Facebook.

Bagaimana mengecualikan akun Facebook agar tidak tedampak scan?

Facebook hanya memiliki pilihan;
  • melindungi untuk mendukung Artist,
  • atau melepaskan perlindungannya dan membebas/menggratiskannya
Anda dapat merequest melepas perlindungan rilisan Anda di Facebook melalui Inquiries, dengan mempertimbangkan; lagu Anda dibebaskan dari penggunaannya di Facebook dan tidak menutup kemungkinan oknum (pihak yang tidak memiliki hak) untuk mendaftarkannya di Facebook Music sebagai rilisannya.

Bagaimana cara Artist posting video agar tidak disenyapkan?

Gunakan Reels atau Stories, karena dengan cara tersebut;
  • Lagu yang banyak digunakan sebagai backsound melalui fitur yang telah disediakan oleh Facebook akan meningkatkan kepopulerannya.
  • Dan dengan cara tersebut, Facebook memungkinkan meng-koleksikan penghasilan untuk Artist melalui Music Aggregatornya.

Share link dari berbagai Music Platforms (Spotify, YouTube Music, dll)
  • Mempromosikan rilisan dari Spotify, Apple Music, dll ke social media seperti Facebook akan meningkatkan listeners.
  • Membagikan link dari Music Platforms tertentu ke Facebook akan dianggap oleh sistem sebagai backlink (link hidup yang menuju page tertentu).
  • Facebook mendukung embed link dimana lagu-lagu yang dishare dari berbagai music platforms akan dapat diputar secara langsung di Facebook (terutama berlaku untuk Spotify, dan terus dikembangkan untuk platforms lainnya).

Pertanyaan lain: