Kenapa posting video di Instagram/Facebook disenyapkan?

Netrilis
Beberapa jenis konten video yang diposting ke Instagram/Facebook akan muted, blocked sampai dengan removed. Hal itu karena video tersebut mengandung lagu yang dirilis digital dan telah di-audio-fingerprint-kan oleh Facebook untuk melindungi penggunaannya, yaitu;

scan secara otomatis untuk setiap konten yang mengandung audio di platformnya dan jika sistem menemukan kesesuaian, maka dianggap konten tersebut tidak dapat diposting karena permasalahan hakcipta, terutama hak dalam meng-komersialkan lagu tersebut di Instagram/Facebook.

Bagaimana mengecualikan akun Instagram/Facebook agar tidak tedampak scan?

Facebook hanya memiliki pilihan;
  • melindungi untuk mendukung Artist,
  • atau melepaskan perlindungannya dan membebas/menggratiskannya
Anda dapat merequest melepas perlindungan rilisan Anda di Instagram/Facebook melalui Inquiries, dengan mempertimbangkan; lagu Anda dibebaskan dari penggunaannya di Instagram/Facebook dan tidak menutup kemungkinan oknum (pihak yang tidak memiliki hak) untuk mendaftarkannya di katalog Music: Instagram/Facebook sebagai rilisannya.

Bagaimana cara Artist posting video agar tidak disenyapkan?

Gunakan Reels atau Stories, karena dengan cara tersebut;
  • Lagu yang banyak digunakan sebagai backsound melalui fitur yang telah disediakan oleh Instagram/Facebook akan meningkatkan kepopulerannya.
  • Dan dengan cara tersebut, Facebook memungkinkan meng-koleksikan penghasilan untuk Artist melalui Music Aggregatornya.

Share link dari berbagai Music Platforms (Spotify, YouTube Music, dll)
  • Mempromosikan rilisan dari Spotify, Apple Music, dll ke social media seperti Instagram/Facebook akan meningkatkan listeners.
  • Membagikan link dari Music Platforms tertentu ke Instagram/Facebook akan dianggap oleh sistem sebagai backlink (link hidup yang menuju page tertentu).
  • Facebook mendukung embed link dimana lagu-lagu yang dishare dari berbagai music platforms akan dapat diputar secara langsung di Facebook (terutama berlaku untuk Spotify, dan terus dikembangkan untuk platforms lainnya).

Pertanyaan lain: