Ada yang upload lagu saya di Youtube, bernama channel Topic dan Various Artist

Seperti yang tertulis di deskripsi video bahwa konten tersebut auto-generated by Youtube (dibuat secara otomatis oleh Youtube). Artinya video tersebut tidak di-upload oleh user dan bukan juga oleh distributor (misalnya Netrilis).


Video tersebut disebut sebagai Art-track dan merupakan mirror dari Youtube Music (platform streaming milik Youtube). Atau dengan kalimat lain; video itu adalah rilisan di Youtube Music yang dapat juga diakses melalui Youtube biasa.

Video Art-track yang jumlah viewsnya memenuhi syarat secara otomatis berada di Channel Topic, namun jika views-nya belum memenuhi syarat dari Youtube untuk sebuah Topic channel, otomatis sementara berada di channel Various Artist. Selengkapnya; Kenapa lagu saya di channel Various Artist?

Jika Video Art Tracks diputar oleh user free (non-premium) di Youtube Music, maka video itu secara otomatis akan menampilkan iklan yang penghasilannya akan terakumulasi sebagai penghasilan artist.

Channel Topic dapat diklaim dan dikelola oleh artist terkait, dengan cara request verifikasi ke Youtube team. Dan ketika verified, channel tersebut akan disatukan dengan channel regular milik artist dan menjadi Youtube Official Channel Artist bertanda symbol musical note ♪. Untuk klaim Youtube Artist, silakan: http://bit.ly/claimyoutubeartist

Pertanyaan lain: