Bisakah merilis musik dibeberapa platfroms saja?

Netrilis
Saat ini tidak. Karena Netrilis memiliki sistem mendistribusikan ke seluruh partners dan otomatis melibatkan rilisan untuk rilis di Music Platforms baru dan mendatang. Hal ini bertujuan untuk;
  1. Mengantisipasi penambahan platforms baru, dimana rilisan lama akan otomatis dilibatkan untuk didistribusikan ke platforms baru tersebut tanpa Artist harus melakukan request.
  2. Menghindari duplicate releases. Misalnya; Artist tidak mengetahui bahwa rilisannya sudah tersedia di platform tertentu melalui distributor A (karena distributor A melakukan updated), kemudian merilisnya kembali di distributor B.
  3. Pengelolaan rilisan secara terpusat. Dengan kalimat lain; menyarankan kepada Artist agar mendistribusikan setiap satu judul rilisannya melalui satu distributor saja (tidak perlu rilis Spotify melalui Distributor A, Apple Music via Distributor B, dan seterusnya).

Bisakah rilis di Music Platforms saja tapi tidak termasuk Perlindungan Hakcipta di Youtube?

Artist terkait dapat mengecualikan channelnya dari dampak klaim hakcipta dengan cara request melalui Copyright Manager, dengan begitu; channel tersebut bebas dari Copyright Claim dari bekerjanya sistem Content Id.
Netrilis menerapkan Content Id untuk semua rilisan, hal itu bertujuan melindungi Sound Recording Copyright untuk pemilik hakcipta, dan memungkinkan mendapatkan penghasilan dari penyalah-gunaan musik yang dilindungi tersebut.

Saya ingin rilis lagu ke Joox saja (via Netrilis), tapi saat ini masih tersedia di platforms lain (melalui distributor lain). Bagaimana prosesnya?

  1. Anda dapat menanyakan ke distributor tersebut, mungkin telah mengupdate layanannya ke Joox dan platforms baru lainnya, kemudian Anda dapat request update atau dilibatkan di layanan barunya tersebut. Jika distributor tersebut tetap tidak/belum mendistribusikan ke platforms yang Anda inginkan;
  2. Anda dapat melakukan takedown dan setelah bersih dari semua keberedarannya dari Music Platforms; Anda dapat melakukan submission sebagai rilisan baru.

Lagu saya sudah rilis melalui Netrilis, tapi belum tersedia di Joox, Instagram Music, Resso, TikTok dan YT Music.

Artinya rilisan Anda adalah tipe Plus (layanan Netrilis sebelum Tahun 2020). Anda dapat melakukan request upgrade dan setelahnya akan dilibatkan ke layanan Netrilis baik yang ter-update maupun mendatang.







Pertanyaan lain: